6 Rekomendasi Bahan Plafon Tahan Air untuk Rumah Teman88

Pemilihan bahan plafon tahan air dan kuat yang tepat dapat melindungi rumah dari kebocoran. Selain genting atap, material plafon yang tepat dapat menghalangi rembesan air yang mengganggu di dalam rumah. Rumah pun tidak terasa lembap dan nyaman dihuni jika Teman88 menggunakan material terbaik untuk memasang plafon, terutama di ruang yang basah seperti kamar mandi atau dapur.

Plafon adalah interior yang berguna untuk menyembunyikan rangka atap di dalam rumah, Rangka atap tidak mudah goyah karena ada plafon yang menyangga di bawahnya. Agar fungsi plafon rumah tetap terjaga, Teman88 harus memilih bahan plafon yang tepat dan mampu melindungi rumah dari sinar matahari dan tetesan air hujan.


Google.com


Teman88 harus mendahulukan material plafon yang tepat sebelum memilih desainnya, Desain plafon yang cantik akan sia-sia kalau langit-langit rumah mudah lembap dan rentan mengalami kebocoran. Lagipula, rumah dibangun sebagai tempat berlindung, jadi pilihlah bahan plafon yang lebih berkualitas meski harus memasang budget yang cukup besar. Jika posisi rumah Teman88 berada di area dengan curah hujan tinggi, wajib hukumnya memiliki bahan plafon tahan air. Tim 88bangunan akan memberikan rekomendasi material plafon anti bocor yang bisa Teman88 pilih.


1. Papan Semen

Papan semen hadir sebagai pengganti material tripleks dan gypsum yang lebih dulu digunakan sebagai material plafon. Material campuran semen di dalamnya lebih padat karena ditambahkan pasir silika, gypsum, serat selulosa, dan zat tambahan lainnya. Alhasil, papan semen dijadikan sebagai material plafon dan dinding, baik eksterior maupun interior.

Selain tahan air, papan semen dapat menghalangi jamur, api, dan benturan keras di atap. Materialnya juga kuat, jadi tidak mudah bocor jika terjadi hujan. Papan semen pun lebih tahan lama dibandingkan gypsum dan tripleks, jadi tidak salah Teman88 berinvestasi untuk material ini.


Google.com


2. Papan PVC

Polyvinyl chloride atau PVC cukup sering digunakan sebagai material plafon. Materialnya terbuat dari plastik yang mirip untuk pipa air, jadi sifat waterproof-nya tidak diragukan lagi. Strukturnya yang kuat juga mampu menghindari plafon dari rembesan air, api, dan rayap.

Meski strukturnya kuat, material ini sangat fleksibel lantaran bobotnya cukup ringan, Teman88 dapat membuat desain plafon yang cantik dan mudah, belum lagi material ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dan corak. Selain plafon, Teman88 dapat menggunakannya untuk jendela, pintu, atau pipa air.


Google.com


3. Papan Kalsiboard

Kalsiboard masih merupakan bagian dari papan semen. Bedanya, material ini dibentuk seperti lembaran dan memiliki kandungan kalsium khusus di dalamnya. Kandungan kalsium ini merupakan mineral yang tidak mudah larut dalam air, jadi papan kalsiboard cocok sebagai bahan plafon tahan air.

Harganya juga cukup terjangkau, jadi material ini sering digunakan di rumah pada umumnya. Namun, Teman88 harus teliti dalam memasang material ini untuk hasil yang lebih sempurna, sehingga bisa memakan waktu lama.


Google.com


4. Lembaran Akrilik

Akrilik merupakan material plafon yang memiliki ketahanan tinggi terhadap air. Karena sifatnya ini, Teman88 dapat menggunakannya di area ruangan yang lembap, seperti kamar mandi atau dapur. Ada pula material akrilik yang ringan, sehingga mudah dilepas saat ingin dibersihkan.

Material ini tersedia dalam berbagai desain dan warna, jadi Teman88 bisa menyesuaikan interior ruangannya. Varian akrilik transparan pun tersedia untuk diaplikasikan sebagai plafon untuk menghadirkan kesan outdoor dalam ruangan, Teman88 dapat memilih ukuran ketebalan lembar akrilik demi mengantisipasi rembesan air apabila terjadi hujan lebat.


Google.com


5. Ubin

Ubin ternyata tidak hanya cocok dipasang pada dinding atau lantai, Plafon pun dapat dipasangi ubin untuk menghasilkan corak yang indah saat dilihat. Material ubin ada yang bersifat tahan air (water-resistant). Lengkapi dengan material waterproof lainnya agar semakin kuat dan Teman88 akan mendapatkan plafon anti bocor tercantik di rumah.

Ubin plafon dirancang berbeda dibandingkan ubin untuk dinding dan lantai, Material untuk plafon lebih berat dan dibutuhkan keahlian khusus untuk memasangnya. Pilihan terbaik untuk plafon adalah menggunakan ubin dari logam yang biasanya terbuat dari kuningan, timah, tembaga, besi galvanis, atau aluminium.


Google.com


6. GRC (Glassfiber Reinforced Cement)

Pilihan bahan plafon ini cocok untuk Teman88 yang ingin membangun hunian minimalis nan nyaman. GRC terbuat dari material beton komposit ditambah serat kaca sebagai bahan penguatnya. Ukurannya lebih besar, berkisar pada 120x240 cm, jadi cocok digunakan untuk menutup rangka atap di berbagai ruangan.

Material GRC tersebut membuat bahan plafon ini lebih tahan air dibandingkan kaca dan akrilik. Plafon GRC juga mampu melindungi penghuninya dari berbagai cuaca dan serangan api. Jangan lupakan desain GRC yang lebih mewah sehingga plafon rumah terlihat lebih cantik saat Teman88 memandangnya.


Google.com


Kunci terbaik memilih material plafon selain harga adalah sifatnya yang kuat dan tahan terhadap panas serta segala cuaca. Bagaimanapun, plafon merupakan bagian rumah yang berguna melindungi penghuninya dari serangan apa pun, Semoga Teman88 mendapatkan pilihan bahan plafon tahan air terbaik dan cocok untuk hunian setelah membaca artikel di atas.


Sumber artikel:

https://kitcheninfinity.com/the-best-bathroom-ceiling-materials-to-buy/

https://blog.mykukun.com/best-bathroom-ceiling-material-options/

https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-plafon/

https://idea.grid.id/read/092585580/papan-semen-ringan-dan-tahan-air-cocok-untuk-plafon-apa-plus-lainnya?page=all

https://artikel.rumah123.com/5-bahan-plafon-rumah-anti-air-terbaik-tak-ada-lagi-istilah-atap-bocor-77447

Favoritkan

Komentar
Data sedang diproses, mohon tunggu......
Masuk Terlebih Dahulu
Top