Menghilangkan Noda Bekas Air Hujan Di Plafon Menggunakan Bahan Rumahan? Mudah Banget, Loh!

Google.com


Rumah yang sudah didekorasi dan dihias sebaik apapun akan tampak tak terawat karena keberadaan noda di plafon. Noda ini muncul ketika plafon terkena rembesan atau bocoran air hujan sehingga muncul jamur. Jika dibiarkan terlalu lama, tripleks, gipsum, atau GRC plafon bisa rusak dan harus diganti baru.

Oleh karena itu, segera hilangkan noda ini sampai akar secepat mungkin, Teman88 Yuk, simak saja bagaimana cara hilangkan noda bekas air hujan di plafon di bawah ini! Cara Hilangkan Noda Bekas Air Hujan di Plafon dengan Mudah

1. Mengecat Ulang Noda Bocor

Cara termudah untuk hilangkan noda bekas air hujan di plafon adalah dengan mengecat ulang plafonmu. Sebelum mengecat plafon, pastikan Teman88 mematikan terlebih dahulu jamur pada atap rumahmu. Bersihkan plafon dari jamur dan kotoran menggunakan ampelas dan lapisi menggunakan alkali sealer agar hasil pengecatan rapi.

Setelah memastikan alkali sealer kering, Teman88 bisa mengecat plafon menggunakan cat tembok menggunakan rol agar merata. Lakukan pengecatan dua kali dengan lapisan pertama menggunakan cat tambah 10 persen air dan lapisan kedua cat dan 20 persen air.

2. Menggunakan Cuka Putih Suling

Bahan berikutnya yang bisa menghilangkan noda bocor adalah cuka putih suling, Larutan ini paling aman digunakan di rumah, tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama sampai noda benar-benar hilang. Meskipun jamur mati, noda juga tidak benar-benar hilang sehingga harus digosok ekstra agar plafon bisa bersih kembali.

Cara menghilangkan noda bekas air hujan di plafon menggunakan cuka putih cukup mudah, Teman88 tinggal menyemprotkan cuka ke area yang berjamur. Selanjutnya, diamkan cuka menyerap ke plafon selama satu jam dan bersihkan menggunakan air bersih. Lakukan proses ini berkali-kali sampai noda benar-benar hilang.

3. Memakai Baking Soda atau Borax

Teman88 juga bisa menggunakan baking soda atau borax untuk membasmi jamur di plafon, Kedua bahan ini memiliki nilai pH tinggi dan bisa menghambat pertumbuhan jamur di rumah. Tak hanya itu, bahan ini juga sangat mudah ditemukan di pasaran dan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Teman88 hanya perlu mencampurkan baking soda atau borax dengan air sampai teksturnya berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta ini ke area plafon yang berjamur dan diamkan selama 30 menit. Setelah kering, gosok menggunakan sikat sampai noda jamur berkurang.

Terakhir, bilas campuran baking soda atau borax dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain. Jika noda tak kunjung hilang, Teman88 bisa mengulangi langkah ini berkali-kali sampai plafon kembali bersih.

4. Menggunakan Pemutih

Cara hilangkan noda bekas air di plafon berikutnya adalah dengan menggunakan cairan pemutih, Gunakan tangga untuk mencapai plafon dan semprotkan noda menggunakan campuran satu cangkir pemutih dan tiga cangkir air hangat.

Biarkan cairan menyerap ke dalam plafon selama beberapa menit. Kemudian, semprotkan kembali cairan ini ke plafon. Setelah kembali menyemprotkan cairan pemutih, biarkan cairan mengering selama 24 jam dan noda akan menghilang secara sendirinya. Meski demikian, sering ada noda membandel yang tak kunjung hilang ketika sudah disemprot pemutih. Jika hal ini terjadi di rumahmu, terus ulang proses tersebut sampai noda menghilang.

Nah Teman88 itu tadi artikel mengenai Menghilangkan Noda Bekas Air Hujan Di Plafon Menggunakan Bahan Rumahan, Gimana apakah Teman88 mau mulai mencoba dirumah? Semoga artikel diatas dapat membantu Teman88 semua yaa.

Favoritkan

Komentar
Data sedang diproses, mohon tunggu......
Masuk Terlebih Dahulu
Top